Diposting Pada: Kamis, 31 Mei 2018
Kemenag Seleksi Proposal Madrasah Young Researcher SuperCamp Terbaik


Kemenag Seleksi Proposal Madrasah Young Researcher SuperCamp TerbaikSelasa, 29 Mei 2018 13:11 WIB

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag mulai seleksi proposal Madrasah Young Researcher SuperCamp (MYRES) 2018. Total ada 666 proposal yang masuk dan akan dipilih 45 yang terbaik.

Kasubdit Kesiswaan Abdullah Faqih mengatakan, proposal MYRES terbagi dalam tiga bidang, yaitu: Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi (378 proposal), Sosial Humaniora (204), dan Keagamaan (84).

"Tim penilai saat ini tengah menyeleksi proposal yang masuk untuk memilih 15 besar proposal terbaik per bidang," terangnya di Jakarta, Selasa (29/05).

Aspek yang dinilai pada tahap seleksi ini, lanjut Faqih, meliputi: ide dan orisinalitas penelitian, kesesuaian antara rumusan masalah/pertanyaan, pemilihan metode penelitian yang akan digunakan, dan nilai tambah/manfaat dari penelitian.

"Proposal terpilih nantinya akan diikutkan dalam Workshop selama 4 hari yang akan dilaksanakan setelah Idul Fitri," sambungnya.

Menurut Faqih, tim juri terdiri dari 3 orang per bidang lomba. Juri merupakan para peneltii LIPI, Balitbang Diklat Kemenag, dan beberapa PTKIN.

Faqih menambahkan, tahapan MYRES diawali dengan pendaftaran dan penyerahan proposal yang berlangsung dari 29 Maret hingga 11 Mei. Tahap selanjutnya adalah seleksi proposal yang saat ini tengah berlangsung.

"Hasil seleksi proposal akan diumumkan pada tanggal 4 Juni 2018," kata Faqih.

Tahap selanjutnya, siswa yang proposalnya lolos seleksi akan melakukan penelitian lapangan. Untuk membekali research skills, mereka akan diundang untuk melakukan workshop. Selama workshop, mereka akan mendapatkan bimbingan dan pendampingan tentang bagaimana membuat penelitian yang baik dari narsum yang kompeten dan berpengalaman dari LIPI, dosen UIN/IAIN, dan Balitbang Diklat Kementerian Agama

"Dari peserta workshop ini, akan dipilih enam finalis di setiap bidang," tutur Faqih.

Para finalis ini, lanjut Faqih, akan diundang untuk mempresentasikan proposal penelitiannya. Kegiatan presentasi ini dilaksanakan bersamaan dengan event Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang digelar di Bengkulu pada 17-21 September 2018.

Pada babak final, selain aspek yang dinilai pada saat seleksi proposal, dewan juri juga akan menilai kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan hasil penelitian baik itu penilaian laporan penelitian, poster dan kemampuan presentasi.

"Para pemenang akan diberi kesempatan melakukan pameran hasil penelitiannya," ujar Faqih. (AF)

 


322x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. OSIM MAN 2 Merangin siap gelar Pemilihan Umum 327x dibaca
  2. Ambalan Pramuka MAN 2 Merangin selenggarakan Musyawarah Ambalan IX Tahun 2018 284x dibaca
  3. MAN 2 Merangin siap sambut Siswa Baru 294x dibaca
  4. Kepala MAN 2 Merangin sambut Tim Penilai Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Jambi 654x dibaca
  5. Kamabigus MAN 2 Merangin terima Penghargaan Pancawarsa Gerakan Pramuka 70x dibaca

Halaman ini diakses pada 16-01-2021 04:27:27 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 54.85.57.0
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved